Keunggulan Aplikasi Berbasis Web (Web Based)

Mungkin kita semua pernah mendengar istilah aplikasi desktop dan aplikasi berbasis web(web based). Namun apa arti dari dua istilah tersebut? Lalu apa keunggulan dari aplikasi berbasis web tersebut?

Aplikasi desktop

Aplikasi desktop adalah aplikasi yang dapat beroperasi secara offline, namun harus diinstall pada komputer penggunanya. Aplikasi desktop biasanya dikembangkan dengan bahasa C++, VB, Java dll. Aplikasi desktop biasanya diinstall secara standalone, walaupun saat ini aplikasi desktop sudah support terhadap sentralisasi data. Namun begitu aplikasi desktop tetap harus diinstall pada perangkat komputer untuk dapat menggunakannya. Contoh dari aplikasi desktop adalah Microsoft Word.

Aplikasi berbasis web (web based)

Aplikasi berbasis web biasanya dibuat dengan bahasa HTML, PHP, CSS, Javascript dll. Namun saat ini sudah banyak framework ataupun bahasa lain yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis web. Untuk menggunakan aplikasi berbasis web hanya dibutuhkan web browser dan akses internet (maupun intranet), sedangkan datanya akan tersentralisasi di server. Aplikasi berbasis web saat ini lebih banyak diminati karena kemudahan akses, sentralisasi data dan kemudahan dalam pengembangannya. Contoh dari aplikasi berbasis web adalah Google Docs.

Perbandingan

Untuk perbandingan antara aplikasi desktop dan aplikasi berbasis web, kami akan menyajikannya pada tabel di bawah ini.

Aspek pembandingAplikasi desktopAplikasi berbasis web
Dukungan sistem operasiTidak semua aplikasi dapat berjalan di semua sistem operasi.Dapat berjalan di semua sistem operasi. Yang terpenting adalah memiliki web browser dan akses internet maupun intranet.
Penggunaan jaringanTidak terlalu membutuhkan akses internet. Namun tetap harus memiliki jika aplikasi tersebut memiliki data tersentralisasi di server.Jaringan internet sangat dibutuhkan karena data tersentralisasi di server.
Penyimpanan dataData tersimpan pada masing-masing komputer. Terkecuali aplikasi desktop yang sudah mendukung sentralisasi data di server.Data tersimpan di server.
AksesAplikasi harus diakses menggunakan komputer yang terinstall aplikasi tersebut.Dapat diakses dimana saja dengan perangkat apa saja menggunakan web browser dan akses internet.
Perbaikan dan pengembanganAplikasi dapat diperbaiki dan dikembangkan sesuai dengan bahasa yang digunakan, namun harus dilakukan update satu-persatu pada masing-masing komputer yang akan digunakan.Aplikasi dapat diperbaki dan dikembangkan dengan bahasa bahasa yang digunakan, namun tidak perlu melakukan update satu-persatu pada perangkat karena data tersimpan di server.
Lisensi dan hargaHarga aplikasi desktop bisa menjadi sangat tinggi jika dihitung bersamaan dengan komputer yang digunakan. Contohnya aplikasi dapat berjalan di sistem operasi windows, otomatis kita juga harus membayar lisensi windows untuk tiap komputer yang digunakan ditambah harga lisensi untuk aplikasi desktop itu sendiri. Belum lagi jika ingin menggunakan aplikasi pada beberapa sistem operasi, tentu harga aplikasi akan bertambah tinggi.Aplikasi berbasis web kebanyakan dibuat dengan bahasa sumber terbuka (open source) sehingga penyedia aplikasi dapat menyesuaikan harga aplikasinya. Dan hal ini bisa ditambah lagi dengan menggunakan sistem operasi sumber terbuka seperti linux dan android sehingga tidak perlu lagi membayar harga lisensi sistem operasi.

Kesimpulan

Dibalik kekurangan dan kelebihan masing-masing baik itu aplikasi desktop maupun aplikasi berbasis web, sangat disarankan untuk memilih aplikasi berbasis web untuk usaha Anda. Selain beberapa keunggulan di atas, kemudahan dalam penggunaan dan fleksibilitas aplikasi yang tinggi juga menjadi kunci dari suksesnya sebuah aplikasi yang digunakan.

Jika Anda ingin membangun atau mengembangkan aplikasi berbasis web untuk bisnis Anda, Kami siap mengerjakan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Anda dapat menghubungi Kami ataupun melihat beberapa portfolio Kami.

Leave a Comment